UASBN 2018 Modul Penilaian

MODUL UASBN 2018
Hasil gambar untuk penskoran nilai usbn 2018
Penilaian hasil belajar dilakukan untuk mendiagnosa kekuatan dan
kelemahan siswa, memonitor perkembangan belajar siswa, menilai ketercapaian
kurikulum, memberi nilai siswa dan menentukan efektivitas pembelajaran baik
aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat
digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Penilaian dapat dilakukan
secara lisan, tertulis, praktik maupun penugasan seperti projek.
Instrumen penilaian yang berkualitas merupakan faktor penting dalam
pelaksanaan penilaian. Oleh karena itu, kemampuaan guru dalam mengembangkan
instrumen penilaian perlu terus menerus ditingkatkan agar informasi yang diperoleh
dari hasil penilaian dapat dipertanggungjawabkan. Untuk meningkatkan
kompetensi guru dalam pengembangan instrumen penilaian, Pusat Penilaian
Pendidikan menyusun panduan pengembangan instrumen penilaian khususnya
untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Seperti telah diketahui sejak tahun
pelajaran 2016/2017, ujian satuan pendidikan pada beberapa mata pelajaran
ditingkatkan menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada jenjang
SMP/SMA/SMK sederajat, sedangkan pada jenjang SD/MI USBN baru diterapkan
pada tahun pelajaran 2017/2018. Penyusunan soal USBN berdasarkan kisi-kisi
yang ditetapkan BSNP. Pada beberapa mata pelajaran, 20% - 25% soal USBN
berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 75% - 80% soal disusun
oleh pendidik yang selanjutnya dikonsolidasikan di KKG/MGMP. Panduan ini
berisi teknik penyusunan indikator soal, penyusunan soal tes tertulis dan
penyusunan soal tes praktik. Karena saat ini bentuk soal USBN pada tes tertulis
terdiri atas pilihan ganda dan uraian, fokus panduan ini adalah pada penyusunan
kedua bentuk soal tersebut, meskipun terdapat berbagai bentuk soal tertulis lainnya.

BUKU MODUL UASBN 2018 BISA DIUNDUH DI LINK BERIKUT>>>>UNDUH DISINI

Komentar

Postingan Populer