ILMU TAJWID


download-free-buku-pedoman-dauroh-alquran

Ilmu Tajwid

PEDOMAN DAUROH ALQURAN

Pada hakikatnya tilawah bukanlah hal yang sederhana, namun dalam bertilawah seorang qari' (pembaca) dituntut untuk menjaga keaslian {Asholah)  bacaan Al-Qur’an seperti yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. melalui Jibril.
Karena itu, Rasul pun menunjuk dan memberi kepercayaan kepada beberapa orang sahabat untuk mengajarkannya, di antara mereka adalah Muadz bin Jabal, Ubay  bin Ka'ab, dan Salim Maula Abi Hudzaifah.
Para sahabat kemudian mengajarkan kepada para tabi'in, dan demikianlah seterusnya Alquran diajarkan secara turun temurun dalam keadaan asli tanpa terkurangi huruf-hurufnya, kalimat-kalimatnya, bahkan sampai teknis membacanya.


Untuk menjaga keaslian Alquran, ulama menjaga sanad Alquran (runtutan para pengajar Alquran sejak zaman Rasul hingga sekarang). Maka tidak heran kalau Imam Al-Jazari mewajibkan kepada setiap muslim untuk membaca dengan tajwid, karena hal ini merupakan penjagaan terhadap keaslian Alquran.
Oleh karena itu,  ulama ahli qiraat meletakkan kaidah-kaidah cara membaca yang baik dan benar yang disebut dengan tajwid. Berikut ini adalah buku panduan belajar Tajwid karangan Abdul Aziz Abdur Rauf, Al-Hafizh, Lc. Semoga bermanfaat.
Pedoman Daurah Al-Qur’an dapat diunduh di link berikut>>>Unduh Disini

Sumber:
Postingan oleh NEDI ARWANDI
Blogger Muaradua OKU Selatan Updated at: Rabu, 17 Agustus 2011
Link http://www.nediar.web.id/2011/08/download-pedoman-dauroh-al-quran.html










Komentar

Postingan Populer