REVIEW KONTENT BUKU KH. MUSTOFA KAMIL SANG PENDEKAR DARI KOTA INTAN



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pada kesempatan ini  saya membahas judul sebuah buku  yang ditulis oleh Budi suhardiman pada rumah belajar dot id. 
Badan pengembangan bahasa dan perbukuan kementerian pendidikan dan Kebudayaan.
Buku tersebut berjudul Kyai Haji Mustofa kamil sang pendekar dari kota intan. Membaca sekilas tentang judul buku ini, maka akan terpikir oleh kita berasal dari mana beliau ini. karena Kota Intan pada judul buku tersebut identik dengan Kota Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Hal ini karena Kota Martapura terdapat pasar batu mulia yang khusus menjual Intan. Kota Martapura terkenal dengan Kota Intan itu sejak tahun 1950 hingga sekarang. Intan di Martapura dijual di pertokoan cahaya bumi selamat atau CBS,  yang berlokasi di Kota Martapura. Adapun judul buku Kyai Haji Mustofa kamil sang pendekar dari kota intan ternyata beliau berasal dari kota Garut. Beliau adalah seorang Kyai di kota Garut yang turut berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
sejak tahun 1914. Sejak berdirinya Sarikat Islam  di kota Garut. Adapun kata Kota Intan di kota Garut, itu pertama kali disampaikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960. Pada pidato beliau di kota Garut di Babancong. Kata Intan ternyata kepanjangan dari kata Indah, Tertib, Aman dan Nyaman. Sehingga Sejak saat itu kota Garut terkenal juga dengan sebutan kota Intan. Seperti yang telah kita ketahui kota Garut juga terkenal dengan Swiss Van Java. Dari paparan saya diatas,  mungkin judul buku ini Kyai Haji Mustofa kamil sang pendekar dari kota intan hendaknya ditambah kata Garut. Sehingga menjadi judul Kyai Haji Mustofa kamil sang pendekar dari kota intan Garut.
Demikian pemaparan saya dalam speech to text pada kesempatan ini.
Demikian saya akhiri Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
==========================================================================
Text di atas merupakan hasil dari SPEECH yang dibuat dengan google chroom pada google drive yang dibuat pada tanggal 7 September 2019. Sebagai tugas akhir dalam kegiatan VICON VCT Batch 5 Kalimantan Selatan. Adapun pokok bahsan tentang Review Rumahbelajar.id. yang di review adalah sebuah judul buku yang ditulis oleh Budi Suhardiman pada Rumahbelajar.id Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tak lupa ampun dan maaf jika review ini ada terdapat hal yang kurang pantas ataupun sebagainya. hal ini tidak bermaksud lain kecuali hanya untuk belajar dalam pembelajaran.
Adapun Video rekaman yang di tampilkan di atas linknya berasal dari akun google drive saya sendiri (Pani Albanjari)

Jika ingin mengunduh rekaman video ini dapat di unduh di youtube Pani Albanjari https://youtu.be/IgpJEDLvn3c
atau bisa juga langsung unduh di sini>>>>KLIK DISINI
Link Buku KH. Mustofa Kamil Sang Pendekar dari Kota Intan dapat dilihat disini>>>http://rumahbelajar.id/product.php?id=NWQ1YTA1ZjM1NWJmMWYwYzI5ODMxMDcy

Komentar

Postingan Populer