Edmodo, Aplikasi Kelas Sekolah Online yang Populer di AS


Edmodo, Aplikasi Kelas Sekolah Online yang Populer di AS



Sumber Video Channel: FanAmateur Indonesia

Mungkin belum banyak yang mengenal Edmodo, layanan kelas online asal California, AS. Walaupun belum banyak digunakan di Indonesia, Edmodo merupakan layanan yang cukup populer di Amerika Serikat.

Aplikasi online ini sangat populer di kalangan guru karena dapat memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari. Layanan seperti Edmodo sendiri dikenal dengan nama Learning Management System (LMS).

Tapi, apa sebenarnya Edmodo? Mengapa aplikasi ini sungguh populer? Berikut adalah 6 fakta menarik tentang Edmodo seperti dilansir detikINET dari berbagai sumber.

1. Apa Itu Edmodo?
Edmodo adalah layanan online yang memudahkan guru untuk berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Dengan menggunakan aplikasi atau situs Edmodo, guru dapat membagikan konten, teks, video, pekerjaan rumah dan tugas kepada muridnya secara online.

Aplikasi ini biasa digunakan baik ketika guru berada di dalam maupun luar kelas. Aplikasi ini dirancang dengan fokus kepada guru, karena siswa dan orang tua hanya bisa login dengan Edmodo jika mendapat undangan dari guru.

2. Tersedia di Seluruh Dunia
Edmodo didirikan oleh Nic Borg, Jeff O'Hara dan Crystal Hutter pada tahun 2008. Perusahaan ini bermarkas di San Mateo, California, AS.

Saat ini Edmodo telah memiliki 100 juta pengguna. Seluruh pengguna ini tersebar di 400.000 sekolah di 190 negara. Sekitar setengah dari total pengguna ini berada di Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya dengan jumlah pengguna yang cukup signifikan antara lain Singapura, Indonesia, Uruguay dan Italia.

3. Cara Bergabung dengan Edmodo
Sebelum bisa membuat kelas online di Edmodo, guru sebelumnya harus membuat akun terlebih dahulu yang terhubung dengan akun online mereka seperti Outlook, Google atau Facebook. Layanan Edmodo sendiri dapat diakses oleh guru dan siswa dengan log in di desktop lewat situs mereka, atau lewat app yang tersedia untuk iOS dan Android.

Setelah bergabung, guru bisa membuat grup dan mengundang siswa dan orang tua untuk bergabung. Dalam grup ini, guru bisa membagikan materi pelajaran, foto dan artikel yang dapat dilihat oleh seluruh siswa dalam format seperti news feed.

Untuk orang tua dan siswa yang ingin mendaftar, Edmodo memiliki sebuah keuntungan tersendiri karena mereka tidak perlu memasukkan informasi pribadi mereka untuk membuat akun. Mereka hanya perlu memasukkan nama, nama keluarga, password dan kode kelas yang diberikan oleh guru.

4. Keuntungan Menggunakan Edmodo
Menggunakan LMS seperti Edmodo dapat membawa sejumlah keuntungan untuk proses belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas. Seperti membuat siswa merasa lebih termotivasi, mendukung kolaborasi antar siswa, dan memungkinkan guru memberikan feedback individual.

Yang lebih penting, mengubah sistem belajar menjadi online tentu membuat lingkungan kelas menjadi lebih ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit kertas.

5. Pernah Memenangkan Penghargaan
Pada tahun 2013, Edmodo masuk dalam daftar "Top Apps for Teachers" yang dirilis oleh PC Magazine. Selain itu, pada tahun 2014 Edtech Digest memberi penghargaan "Cool Tool Award for Best Assesment Solution" kepada tools Snapshot yang dikembangkan oleh Edmodo.

6. Pernah Menjadi Korban Hack
Pada bulan Mei 2017, Edmodo mengirimkan email untuk memberitahu penggunanya bahwa mereka baru saja menjadi korban peretasan. Data milik 77 juta pengguna bocor, termasuk username, password dan alamat email.

Karena semua password di-hash dan dienkripsi menggunakan algoritma bcrypt, upaya untuk mendekripsi semua password akan membutuhkan kerja yang sangat besar. Berdasarkan audit eksternal yang dilakukan oleh Edmodo, tidak ada laporan tentang data sekolah atau identitas yang terkena dampak.


Sumber: https://inet.detik.com/cyberlife/d-4607260/6-fakta-soal-edmodo-aplikasi-kelas-sekolah-online-yang-populer-di-as

Komentar

Postingan Populer